psg2016-1Sebagai perwujudan dari pengabdian masyarakat oleh perguruan tinggi, STT-Hamzanwadi Pancor menerima siswa-siswi Prakerin (Praktik Kerja Industri) dari berbagai SMK yang seluruhnya berasal dari Kabupaten Lombok Timur. Pembukaan kegiatan Prakerin dilaksanakan pada hari Selasa, 5 Januari 2016. Kegiatan ini berlangsung selama 2 bulan terhitung mulai Januari sampai dengan Pebruari 2016.

Sampai dengan berita ini diterbitkan telah diterima lima SMK seperti SMK NW Bajang Ajan, SMK NW Korleko, SMK Islam Darussalam Anjani, SMK NW Renco dan SMK Darul Muttaqin NW Perian dengan beberapa jurusan.

PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di dunia usaha atau dunia industri yang relevan dengan dengan kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya. Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan prosedur tertentu, bagi siswa yang bertujuan untuk magang di suatu tempat kerja, baik dunia usaha maupun di dunia industri setidaknya sudah memiliki kemampuan dasar sesuai bidang yang digelutinya atau sudah mendapatkan bekal dari pembimbing di sekolah untuk memiliki ilmu-ilmu dasar yang akan diterapkan dalam dunia usaha atau dunia Industri. Alasan utama mengapa para siswa-siswi harus memiliki bekal ilmu pengetahuan dasar sesuai bidangnya agar dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri tidak mengalami kendala yang berarti dalam penerapan Ilmu Pengetahuan dasar yang kemungkinan besar dalam proses praktek kerja industri mendapatkan ilmu-ilmu baru yang tidak diajarkan di Lembaga Kejuruan terkait.

Dalam proses pengajuan siswa-siswi PRAKERIN wajib mengikuti Prosedur yang ditetapkan oleh lembaga, Dunia Industri maupun Dunia Usaha. Setiap lembaga, Dunia Industri maupun Dunia Usaha tentu saja memiliki Prosedur yang berbeda-beda tergantung dari kondisi masing-masing Dunia Industri maupun Dunia Usaha terkait.