(Akreditasi Program Studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi)

TI

Perjuangan yang telah dilaksanakan oleh ketua STT Hamzanwadi Pancor, Bapak Martua Hamonangan Nasution, M.Pd.,M.Kom  berserta seluruh jajaran akademik dan staf  STTH akhirnya membuahkan hasil. Hal itu terbukti dengan berjalan mulusnya prosesi akreditasi yang ternyata menjadi surprise tersendiri bagi keluarga besar STTH.

Kondisi itu terwujud tentu dengan usaha yang luar biasa dari semua sivitas akademika yang terlibat dalam penyusunan borang akreditasi. Dalam hal ini, pembantu ketua tiga bidang kemahasiswaan STTH, Bapak Yahya, M.Kom  menjelaskan jika semua dosen dan staf  kepegawaian telah bekerja tanpa mengenal lelah demi kelancaran proses akreditasi yang dilaksanakan dan berkat doa semua pihak ternyata usaha tersebut memberikan serta mewujudkan harapan semua pihak, tak terkecuali mahasiswa.

Proses akreditasi di Sekolah Tinggi Teknologi Hamzanwadi dilaksanakan pada dua program studi, yaitu program studi Sistem Informasi dan Teknik Informatika. Tahapan akreditasi dilalui pada hari yang berbeda dengan selang waktu yang cukup pendek, tepatnya pada tanggal 19 maret dan 23 Maret Tahun 2016. Pendeknya jarak waktu pelaksanaan akreditasi justru membuat optimalisasi perjuangan segenap keluarga besar STTH semakin menggebu.

Akreditasi

Sebagai sebuah perguruan tinggi yang terbilang muda, STTH sudah mampu meraih pengakuan secara nasional terlebih dalam beberapa tahun ke depan. Prestasi yang telah diraih melalui proses akreditasi tersebut tentunnya semakin memperkuat komitmen STTH dalam membangun sistem pendidikan yang berkualitas dan mampu bersaing, khususnya pada bidang teknologi informasi. Di luar itu, kehawatiran beberapa pihak terhadap status STTH sudah terjawab.

Jawaban atas pertanyaan tersebut dapat ditepis pula oleh kondisi lingkungan kampus yang kondusif, pengadaan fasilitas yang super memadai, dan mahasiswa yang berbudaya santri. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika tim asesor yang saat itu diwakili oleh Prof. Joko Lianto Buliali, M.Sc. Ph.D dan Prof. Dr. Budi Murtiasa yang menjadi tim assessment pada program studi teknik informatika dan Prof. Dr. Benhard Sitohang dan Dr. Sri Nurdiati yang menjadi tim assessment pada program studi sistem informasi merasa yakin dengan keseriusan STTH dalam mendukung perkembangan pendidikan di Indonesia.

Prestasi luar biasa yang telah diraih oleh STTH dalam satu tahun terakhir ini patut diperhitungkan oleh segenap pihak terlebih calon mahasiswa yang akan bergabung menjadi bagian inti STTH. Kesiapan STTH dalam menghimpun dan memberdayakan mahasiswa dilaksanakan dengan terus meningkatkan semua aspek penunjang perkuliahan dengan memperhatikan urgensi vital dari masing-masing aspek. Oleh sebab itu, satu hal yang perlu diperhitungkan juga, yakni STTH tidak hanya berorientasi pada peningkatan kualitas akademik institusi atau lembaga dan mahasiswa pada bidang IT, melainkan juga peduli terhadap kepekaan perkembangan moral mahasiswa dengan mengedepankan struktur penanaman nilai-nilai agamis, moralis dan nasionalis yang diaktualisasikan pada berbagai kegiatan akademik dan non akademik di lingkungan kampus. (MIA)